EFEKTIVITAS
PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
(Studi
Eksperimen Terhadap Siswa Kelas
XI SMA Muhammadiyah 1 Cimahi
Tahun Ajaran 2011/2012)
Tahun Ajaran 2011/2012)
oleh
Nazhar
Farizhi
Banyak yang mengartikan pembelajaran sebagai
kegiatan belajar mengajar. Namun sebenarnya pembelajaran adalah suatu upaya
untuk membelajarkan siswa, sehingga perlu suatu metode/strategi yang tepat agar
tujuan membelajarkan siswa tersebut dapat tercapai. Hal tersebut menjadi
salah satu latar belakang dilakukannya penelitian ini.
Salah satu
strategi pembelajaran yang dapat digunakan agar terjadi proses belajar pada
siswa adalah strategi pembelajaran Think Pair Share. Strategi tersebut
merupakan hasil penelitian dari penerapan diskusi dan waktu tunggu. Dalam
pelaksanaannya, strategi tersebut lebih banyak menggunakan metode diskusi.
Namun strategi tersebut memiliki salah satu kelebihan yaitu menerapkan waktu
tunggu, sehingga siswa dapat berpikir terlebih dahulu sebelum mengeluarkan
pendapat pada tahap diskusi.
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas yang dihasilkan oleh strategi
pembelajaran Think Pair Share dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan
yang diambil adalah pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen.
Sedangkan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design.
Teknik pengumpulan data menggunakan
tes dan observasi. Tes dilakukan pada awal pertemuan (pretest) dan akhir
pertemuan (posttest) pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Sedangkan observasi dilakukan pada saat pembelajaran untuk mengetahui
keterlaksanaan pembelajaran dalam menerapkan strategi pembelajaran Think
Pair Share.
Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan
hasil belajar yang lebih efektif antara pembelajaran yang menggunakan strategi Think
Pair Share dengan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional.
Rata-rata nilai siswa pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 20
dari rata-rata 45,36 menjadi 65,36. Sedangkan pada kelompok kontrol hanya mengalami
peningkatan sebesar 10,36 dari rata-rata 41,43 menjadi 51,79. Untuk itu, Penerapan strategi pembelajaran Think
Pair Share dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam
pembelajaran. Terutama materi yang mengandung problematika seperti
materi Fikih.
Bagi yang memerlukan detailnya, dapat dilihat dan download di sini
Download
Daftar Isi | Bab 1 | Bab 2 | Bab 3 | Bab 4 | Bab 5 | Riwayat Penulis
(tunggu 5 detik, klik SKIP AD)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar