Kamis, 17 Mei 2012

Skripsi Think Pair Share


EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
(Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Cimahi
Tahun Ajaran 2011/2012)

oleh
Nazhar Farizhi

Banyak yang mengartikan pembelajaran sebagai kegiatan belajar mengajar. Namun sebenarnya pembelajaran adalah suatu upaya untuk membelajarkan siswa, sehingga perlu suatu metode/strategi yang tepat agar tujuan membelajarkan siswa tersebut dapat tercapai. Hal tersebut menjadi salah satu latar belakang dilakukannya penelitian ini.
Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan agar terjadi proses belajar pada siswa adalah strategi pembelajaran Think Pair Share. Strategi tersebut merupakan hasil penelitian dari penerapan diskusi dan waktu tunggu. Dalam pelaksanaannya, strategi tersebut lebih banyak menggunakan metode diskusi. Namun strategi tersebut memiliki salah satu kelebihan yaitu menerapkan waktu tunggu, sehingga siswa dapat berpikir terlebih dahulu sebelum mengeluarkan pendapat pada tahap diskusi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas yang dihasilkan oleh strategi pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan yang diambil adalah pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sedangkan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Tes dilakukan pada awal pertemuan (pretest) dan akhir pertemuan (posttest) pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sedangkan observasi dilakukan pada saat pembelajaran untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dalam menerapkan strategi pembelajaran Think Pair Share.
Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar yang lebih efektif antara pembelajaran yang menggunakan strategi Think Pair Share dengan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional. Rata-rata nilai siswa pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 20 dari rata-rata 45,36 menjadi 65,36. Sedangkan pada kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan sebesar 10,36 dari rata-rata 41,43 menjadi 51,79.  Untuk itu, Penerapan strategi pembelajaran Think Pair Share dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran. Terutama materi yang mengandung problematika seperti materi Fikih.

Kata kunci : Efektivitas, Think Pair Share, dan Hasil belajar
Bagi yang memerlukan detailnya, dapat dilihat dan download di sini
Download
(tunggu 5 detik, klik SKIP AD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar